Langsung ke konten utama

5 Alasan Kenapa ASUS ROG Phone 3 Adalah Hape Gaming Beneran yang Beda dari yang Lainnya

ASUS resmi mengenalkan smartphone gaming generasi terbarunya ROG Phone 3 secara global pada 22 Juli 2020, dan hadir di pasar Indonesia pada 24 September 2020. Kemunculan smartphone ini memang selalu ditunggu-tunggu, bahkan sebelum resmi diluncurkan, sudah banyak dibicarakan, juga yang menginginkan perangkat yang dijuluki sebagai smartphone gaming terbaik di dunia.

Julukan yang terbaik juga diakui oleh XDA Developers—media yang kerap melakukan review smartphone. Lalu apa yang membuat ROG Phone 3 menjadi smartphone gaming terbaik? Para penggemar game, termasuk atlet eSport, tentu memiliki alasan tersendiri, biasanya yang mereka cari adalah kemampuan yang mumpuni, dan itu ada pada ROG Phone 3, yang dibanderol Rp 9,999 juta untuk RAM 8 GB/ 128 GB, dan Rp 14,999 juta untuk RAM 12 GB/ 256 GB.

Namun, tentu bukan hanya performa mumpuni saja yang dimiliki smartphone gaming generasi ketiga ini, ada hal yang membuat smartphone merek asal Taiwan itu menjadi yang terbaik, mulai dari desain dan layar, daya tahan, kamera, serta yang paling berbeda dengan smartphone gaming merek lain yaitu memiliki aksesoris yang tergolong lengkap.

Berikut detail alasan mengapa smartphone ASUS ini mendapat julukan terbaik, dan benar-benar merupakan smartphone yang dibuat khusus untuk para gamers:


Performa Mumpuni

Para penggila game tentu akan mencari smartphone yang memiliki performa mumpuni untuk menjadikannya sebagai senjata bermain game. ROG Phone 3 ini dipasang mesin terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform. Chipset ini merupakan peningkatan dari Snapdragon 876 biasa, dengan kecepatan yang lebih tinggi, mencapai 3.1 GHz, karena adanya Kryo 585 Prime.

ASUS yang mengklaim ROG Phone 3 merupakan smartphone paling powerfull juga bukan tidak memiliki alasan, dengan kehadiran chip, jaringan 5G dan WiFi 6, memang benar-benar membuat smartphone ini terbilang sempurna. Dengan hadirnya fitur baru, ROG HyperFusion Technology, Anda dapat menggabungkan 5G dengan WiFi 6 secara bersamaan untuk menghasilkan konektivitas terbaik saat bermain atau menikmati konten digital lain.


Tak hanya itu, ROG Phone 3 juga dibekali performa grafis terbaik, Andreno 650, dan dukungan fitur Snapdragon Elite Gaming yang bisa menghadirkan performa gaming pada tampilan HDR. Didampingi memori LPDDR5 hingga 12 GB dan penyimpanan ultra-fast UFS 3.1 ROM berkapasitas hingga 256 GB, chip dari ROG Phone 3 cukup unggul dari semua smartphone yang ada di pasar saat ini.

ASUS juga menghadirkan fitur X Mode dengan kustomisasi dan parameter baru yang bisa disesuaikan dengan berbagai skenario game. Bahkan, ROG Pgone 3 juga memiliki pengaturan optimal pada X Mode yang akan bekerja untuk berbagai game, sehingga pengguna kini lebih mudah menikmati performa tanpa kompromi. Ponsel pintar ini juga sudah menggunakan sistem operasi Android 10 dengan ROG UI.


Hal lain yang mendukung performa game adalah adanya sistem pendingin GameCool 3 lengkap dengan 3D Vapor Chamber berdesain baru. GameCool 3 hadir dengan heatsink yang lebih besar dari sistem pendingin generasi sebelumnya, ini dirancang secara spesifik untuk menghantarkan panas dari komponen utama di ROG Phone 3, lalu melepasnuya melalui ventilasi udara di bagian belakan smartphone.


Sistem pendingin tersebut membuat ROG Phone 3 memiliki performa yang baik tanpa thermal throttling, bahkan saat dalam sesi gaming panjang sekalipun. Sehingga dari semua yang ASUS berikan tersebut, dari segi performa membuat ROG Phone 3 paling mumpuni dengan Powerful Snapdragon 865 Plus.

Desain dan Layar

Membedakan ROG Phone 3 dengan ponsel lainnya cukup mudah, yaitu dengan melihat desainnya. Bahkan ketika pertama kali melihatnya, sudah pasti banyak pertanyaan di dalam benak, dan membuat jatuh cinta pada pandangan pertama, karena desain yang terlihat modern, tidak berlebihan, dan tentunya futuristik.   


ASUS mendesain smartphone ini sedemikian rupa, dan bisa dibilang berhasil mengemas ROG Phone 3 yang dibalut dengan warna hitam, dan aksen-aksen garis bertema robotik. Ditambah dengan bingkai tiga kamera belakang yang kaku, tapi tetap menyatu dengan bodi ponsel, serta logo mata khas ROG di tempurung ponsel (ROG Aura Lighting) plus lampu LED yang warnanya bisa diatur, mempercantik smartphone, dan tulisan ‘REPUBLIC OF GAMERS’ tentunya yang membuat kesan mewah elegan.


Ukuran layarnya 6,59 inci, dengan bezel yang dimanfaatkan oleh ASUS sebagai tempat speaker stereo. Di bagian kanan ada tombol power atau kunci, volume, dan dua Air Trigger untuk mendukung bermain game. Di sisi bawah terdapat slot dual SIM, tapi tanpa letak microSD, ini tidak menjadi masalah karena ASUS sudah membekalinya dengan memori yang besar.

Selain itu, yang tidak ada pada perangkat lain adalah tiga port USB Type C, satu di sisi bawah, dan dua sisanya di sisi kiri. Fungsinya digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel, penggunaan head set, dan aksesoris pelengkap bermain game.



ROG Phone 3 dilengkapi layar berkualitas refresh rate 144Hz. Ditambah dengan dukungan teknologi 10-bit display dan HDR10+, membuat tampilan konten semakin detail dan jernih. Selain itu, ROG Phone 3 mengadopsi layar dengan nilai Delta E < 1, artinya warna bisa ditampilkan dengan sangat akurat di smartphone gaming ini.


Agar tidak merusak mata ASUS sudah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland kategori pengujian Low Blue Light dan Flicker Reduced, untuk ROG Phone 3 ini. Dilengkapi juga dengan response time 1ms membuat setiap aksi bisa ditampilkan secara cepat di layar.

Touch latency-nya hanya 25ms, lebih kencang dari generasi sebelumnya. Ini memungkinkan sistem mengenali input sentuhan lebih cepat dan berpengaruh langsung pada performa gaming secara keseluruhan. Sehingga, cocok untuk ROG Phone mendapatkan julukan Stunning 144Hz Display.


3 Kamera Belakang

Di bagian ini, ASUS tampaknya ingin menyempurnakan fungsi sebuah smartphone gaming dengan kamera yang kualitasnya cukup diperhitungkan. ROG Phone 3 dibekali pengaturan tiga kamera belakang, sensor utamanya Sony IMX686 64 MP, kedua 13 MP ultra-wide dan 5 MP lensa makro, plus lampu flash.


Sedang bagian depan, dipasang sensor 24 MP yang posisinya sangat ideal untuk kebutuhan live streaming game—di sisi kanan atas layar. Fitur kameranya terbilang lengkap,ada portrait, panorama, night mode, macro, hingga mode pro yang tidak hanya berlaku untuk foto, tapi juga video sudah dilengkapi.

ASUS juga menawarkan pengaturan resolusi lengkap, mulai dari HD 720p sampai dengan 8K 30 fps. Dukungan fitur Hypher Steady dan Motion Tracking juga membuat para konten kreator lebih dipermudah untuk setiap proses pembuatan karyanya. Kemampuan ini cukup inovatif untuk sebuah kamera smartphone.


ROG Phone 3 bisa merekam hingga 60fps pada 4K dan fitur Hypher Steady yang membuat video lebih stabil, dan bisa memilih resolusi mulai dari HD 720P sampai FHD 1080p. Fitur video lainnya, 3-axix EIS for rear camera, bisa merekam time lapse 4K, dan slo motion video (4K 120 fps, 1080p 240/120 fps. 720p 480 fps).

Pro Video di ASUS ROG Phone 3

Daya Tahan

Jika berbicara performa sebuah smartphone, tentu berkaitan dengan bagaimana daya tahan baterainya. ROG Phone 3 memiliki daya baterai yang cukup besar, 6.000 mAh, yang dilengkapi dengan HyperCharge 30W. ASUS juga membekalinya dengan beberapa fitur terbaru di aplikasi PowerMaster untuk menjaga kesehatan beterai.


Dalam aplikasi tersebut ada pilihan Charging Upper Limit, yang fungsinya membatasi pengisian daya ke titik tertentu, antara 80-100 persen, ini bisa memperpanjang masa pakai baterai. Pengisian baterainya cukup cepat, 15 persen hingga penuh 100 persen hanya dalam waktu 1 jam 41 menit.

Baterai ROG Phone 3 akan bertahan lebih lama saat menjelajah internet, memeriksa email, dan semua hal aktivitas normal dalam penggunaan smartphone. ROG Phone 3 bertahan selama 9 jam 21 menit dengan sisa baterai 5 persen dalam penggunaan sehari-hari, tapi hari selanjutnya hanya bertahan 7 jam, mungkin disebabkan refresh rate 144Hz dan banyaknya aplikasi yang dijalankan, tapi masih cukup 
normal.


Aksesoris Pendukung

Selain performa mumpuni, desain dan layar, kamera, serta daya tahan baterai, ROG Phone 3 memiliki satu kelebihan yang benar-benar tidak dimiliki oleh merek lain yaitu aksesoris pelengkap dalam mendukung kinerja ponsel. ASUS menyediakan beragam aksesoris khusus yang hanya bisa digunakan bermain game dengan ROG Phone 3, yang dijual secara terpisah, dan memberikan pengalaman gaming paling imersif atau the most immersive gaming experience.

Pertama adalah ROG Kunai 3 Gamepad, aksesoris ini merupakan kontroler fisik yang membuat bermain game lebih nyaman. Meskipun sudah dilengkapi fitur AirTrigger 3, pengalaman bermain tetap akan lebih baik lagi jika menggunakan controller fisik, ini alasannya ROG Kunai Gamepad 3 hadir. Desain ROG Kunai 3 Gamepad ini lebih kokoh dan fleksibel, yang didukung fitur key mapping melalui Game Genie dan  kompatibel dengan berbagai game.
ROG Kunai 3 Gamepad

Aksesoris kedua ada TwinView Dock 3 yang memberikan pengalaman bermain game menggunakan dua layar sekaligus. Dengan kipas dan baterai 5.000 mAh, TwinView Dock 3 memiliki layar refresh rate 144Hz atau sama dengan layar ROG Phone 3. Daftar game yang kompatibel dengan TwinView Dock 3 juga dapat dilihat melalui aplikasi Armoury Crate.
TwinView Dock 3

Selanjutnya ketiga ada ROG Clip yang bisa menghubungkan controller tersebut secara mudah dengan ROG Phone 3. Cukup pasangkan aksesoris ini di salah satu controller tersebut dan tempatkan ROG Phone 3 di dudukan yang telah disediakan. Maka bermain game di ROG Phone 3 pun bisa senyaman bermain dengan konsol.
ROG Clip


Selain itu aksesoris keempat, AeroActive Cooler 3. Perangkat pendukung tidak bisa dilepaskan dari ROG Phone, karena menawarkan sistem pendinginan lebih baik dan tingkat kebisingan yang rendah. Selain itu jugs juga dilengkapi port USB Type C untuk pengisian daya, plus 3.5mm audio jack untuk menghubungkan headphone.
AeroActive Cooler 3

Kelima adalah Lighting Armour Case, aksesoris ini bisa menampilkan logo ROG yang mirip dengan tampilan AniMe Matrix di laptop ROG Zephyrus G14. Lighting Armour Case juga kompatibel dengan fitur Aura RGB dan warnanya dapat dikustomasi melalui aplikasi Armoury Crate.

Lighting Armour Case

Aksesoris pendukung keenam dan ketujuh adalah Glass Screen Protector, serta Waist Pack dan Crossbody Pack. Glass Screen Protector ini dirancang khusus untuk melindungi layar agar terhindar dari goresan. Aksesori Glass Screen Protector juga dilengkapi teknologi anti bakteri sehingga bisa melindungi penggunannya.
Glass Screen Protector


Sedang Waist Pack dan Crossbody Pack untuk menunjang kebutuhan lifestyle. Tas kecil ini akan mempermudah gamer untuk membawa perangkat gaming kesayangannya ketika berjalan-jalan. Waist Pack dan Crossbody Pack adalah aksesori paling tepat untuk pengguna ROG Phone 3 yang suka bepergian dan bermain di luar rumah.

Waist Pack dan Crossbody Pack



Harga dan Ketersediaan

ROG Phone 3 telah tersedia di Indonesia dalam dua varian yaitu model yang menggunakan penyimpanan 128GB dan RAM 8GB, serta penyimpanan 256GB dan RAM 12GB. Keduanya dibanderol dengan harga Rp9.999.000 (128/8) dan Rp14.999.000 (256/12).

Spesifikasi

ROG Phone 3

Processor

3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor

GPU

Qualcomm® Adreno™ 650

UI

Android™ 10 with ROG UI

Display

6.59” 19.5:9 2340x1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified;

270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency;

650nits HBM brightness & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%;

1.07 billion colors; 1,000,000:1 contrast ratio;

Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass;

TÜV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort;

Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch)

Memory/Storage

LPDDR5/UFS3.1

8GB/128GB

12GB/256GB

SD storage

no SD-card reader; NTFS support for external HDD

Sensor

Accelerator, E-Compass, Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press

Main Rear Camera

64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2x1 OCL PDAF, LED flash

Second Rear Camera

13MP, 125˚  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera

Third Rear Camera

5MP Macro, F2.0

Front Camera

24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0,

27mm equivalent focal length in 35mm film camera

Video Recording

8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera)

4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera)

1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps

3-axis electronic image stabilization for rear cameras

Time Lapse (4K)

Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps)

Take still photo while recording video

Speaker

Dual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD Sound

7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Audio Output

Hi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality

GameFX audio system for improved in-game audio experience

New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac

Microphone

Quad microphones with ASUS Noise Reduction Technology

Wireless Technology

WLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6

2x2 MIMO, Bluetooth 5.1

Wi-Fi Direct support

Navigation

GNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a),

BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)

SIM Cards

Dual SIM dual standby

Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

5G+4G or 4G dual SIM dual standby support

Data rate

 

Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1)

FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps

LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps

DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps

4x4 MIMO and CA with 4x4 MIMO support

Bands

 

5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)
TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)

Interface

Side-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge

Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge

NFC

Support (Card mode support in power off)

OS

Android™ 10

Battery

6.000mAh

Charger

Output: 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter

Dimensions

171mm, 78mm, 9.85mm

Weight

240 grams

Price

Rp9.999.000 (8GB RAM & 128GB Storage)

Rp14.999.000 (12Gb RAM & 256GB Storage)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Ampuh Menjaga Hubungan Asmara Kamu Menjadi Awet

Mempunyai hubungan asmara yang harmonis dan romantis, merupakan hal yang sangat di idam-idamkan oleh semua pasangan. Apabila hubungan asmara ini dapat terus berlangsung, maka hubungan kamu akan menjadi awet bahkan dapat sampai ke jenjang pernikahan. Pada kenyataannya, diluar sana  banyak sekali pasangan yang sulit menciptakan hubungan asmara mereka bertahan lama, bahkan ada yang sampai kandas ditengah jalan. Sayang bukan ketika hubungan asmara yang sudah kamu bina tetapi kandas di tengah jalan begitu saja? Berikut ini ada 8 cara ampuh menjaga hubungan asmara kamu dan pasanganmu menjadi awet dari om @riswanzone. Membangun rasa saling percaya Apabila kamu sulit untuk membangun rasa percaya kepada pasanganmu saat ini, mungkin karena pikiran kamu terlalu insecure, banyak dipenuhi pikiran-pikiran konyol. Atau mungkin kamu takut jika pasangan kamu akan memilih orang lain dibandingkan kamu. Maka dari itu, mulailah membangun rasa saling percaya agar hubungan menjadi awet. Tunjuk

Ini Ceritanya Bagaimana Cara Upload Foto Instagram Menggunakan PC/Laptop dengan Mudah

Halo semuanya, seperti biasa masih bareng saya @riswanzone. Sebelum bahas bagaimana cara upload foto ke instagram menggunakan PC/Laptop, mari bahas dulu kenapa tiba-tiba di blog ini saya mau nulis hal kayak gini. Biasanya kan nulis tips hubungan, jalan-jalan ga jelas, dan kategori lainnya (lihat aja deh jangan males baca) :D Jadi, suatu ketika saya betemu dengan teman yang lagi makan dan dia sambil bermain dengan smartphone kesayangannya yang sudah dia anggap seperti pembantunya sendiri. Membantu semua urusan komunikasi, urusan pamer, urusan kepoin orang, dan urusan dunia lain untuk hiburannya. Ketika saya tanya, Kok sering banget update status dan streaming video? Dengan sombong dia jawab, makanya pake operator warna biru yang ngasih kecepatan internet kenceng dan YouTube tanpa kuota. Singkat cerita,akhirnya saya memutuskan untuk makan dengan harapan dia yang bayarin tagihannya. Bro, gue makan dong tapi elu yang bayarin ya, begitu lah ketika saya merayu dia dengan teknik preman. Dan..

Review Bika Bogor Talubi, Oleh-oleh Khas Bogor yang Kekinian

Kalau mendengar kata “Bogor” apa yang kalian ingat? Hmmm.. pasti ingat tentang kota hujan. Setuju? Tapi kalau saya tanya soal kuliner di Bogor,atau oleh-oleh khas wisata Bogor apa hayo? Banyak yang menjawab “Taleus” atau Talas (survey yg saya dilakukan di sosmed :D). Terbukti, Bogor memang terkenal dengan dua hal itu, Hujan dan Talas. Eitts.. jangan salah loh, ngomogin soal oleh-oleh khas Bogor , beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk mencoba oleh-oleh No 1 di Bogor yaitu Bika Bogor Talubi . Ada 3 varian yang saya coba, Bika Bogor Cocopandan , Bika Bogor Mini , dan Bogor Banana . Sebenarnya pengen banget nyobain Banana Cheese Cake,heheh.. Mau tau kenikmatan rasa Bika Bogor Talubi ini? Lanjut baca ke bawah ya,hehe.. Oya, ini pertama kalinya loh saya mencoba Bika Bogor Talubi, hihihi... Asal mula Talubi Membahas asal mula Talubi bisa kita mulai dari kata “Talubi” tersebut, jujur saya baru tahu ternyata Talubi itu singkatan dari Talas dan Ubi, katro banget ya gue hehe.. men