Langsung ke konten utama

Review Garmin Vivoactive 3, Smartwatch Untuk Hobi Olahraga



Halo semuanya, masih bareng saya riswanzone.
Di artikel kali ini saya akan sedikit membahas mengenai smartwatch besutan Garmin yaitu Vivoactive 3.

Seperti yang kita tahu, Garmin sudah cukup banyak mengeluarkan produk atau gadget yang berhubungan dengan olahraga dan kesehatan. Selain itu, yang terkenal dari Garmin adalah GPS-nya yang ok banget katanya.

Nah, mari sedikit bahas mengenai smartwatch Vivoactive 3 ini yang baru saja dirilis di Indonesia dengan harga Rp 4,99juta untuk varian putih dan hitam dengan rangka stanless steel. Sedangkan untuk varian warna hitam dengan rangka slate dijual dengan harga sekitar Rp 5,49juta.

Kesan pertama ketika saya memegang smartwatch Vivoactive 3 ini adalah biasa aja. Saya merasa smatwatch ini kurang terasa mahalnya (menurut saya harga segitu lumayan mahal), malah rangka stanless-nya itu mudah tergores, jadi membuat ekpektasi saya semakin menurun. Ini terkait penilaian dari yang saya lihat.

Layar ini dilapisi menggunakan Gorills Glass 3 dan strap atau talinya terbuat dari bahan silikon. Dan yang membuat Vivoactive 3 ini terlihat biasa aja adalah tampilan layarnya, gambar yang dihasilkan patah-patah dan tidak terlihat mulus dan detail, mungkin hal ini terkait dengan resolusi dari smartwatch ini hanya 240x240 piksel. Padahal smartwatch yang lain rata-rata menggunakan resolusi 300 piksel ke atas.


Vivoactive 3 ini mempunya berat yang cukup ringan, jadi menggunakannya ditangan terasa nyaman. Dibagian sisi smartwatch ini ada fitur yang dinamakan Side-Swipe yang berfungsi sebagai navigasi dengan cara menyentuh sambil mengusapnya. Jujur menurut saya fitur ini kurang berguna juga karena saya malah tidak pernah menggunakannya.

Jangan kaget ketika kamu membeli smartwatch ini dan merasakan bahwa tampilan jamnya kok redup tidak terang? Ya, memang smartwatch ini terlihat redup, tapi uniknya jika kita menggunakanya di outdoor tampilan layarnya akan terlihat sangat terang. Katanya hal ini terkait karena Vivoactive 3 menggunakan layar dengan jenis Transflective Memoy-in-Pixel (MIP). 

Fitur Garmin Vivoactive 3 

Untuk fitur dari Garmin Vivoactive 3 ini bisa saya bilang sangat banyak, tapi fitur yang berhubungan dengan olahraga atau fitness. Smartwatch ini bisa mencatat hampir semua jenis olahraga yang ada, mulai dari berjalan, berlari, bersepeda, yoga, berenang, dan lainnya. Uniknya kita juga bisa membuat aktivitas untuk mencatat aktivitas kita sendiri. Jika saya tidak salah hitung, total ada 22 aktivitas olahraga yang bisa Vivoactive 3 ini catat.

Selama saya menggunakan Vivoactive 3 ini saya akui Garmin memang hebat soal GPS, karena saya rasa hampir semua aktifitas yang membutuhkan GPS datanya akurat. Saya coba ketika berlari, berjalan dan bersepeda.

Vivoactive 3 ini juga menggunakan sensor detak jantung yang terletak dibagian bawah smartwatch, dan ini juga cukup akurat untuk mencatat aktivitas detak jantung dan pola tidur ketika saya menggunakannya, asal jam nya terus dipake tentunya ya. Saya bisa mengetahui Deep Sleep dan Light Sleep saya ketika menggunakan smartwatch ini saat tidur.


Untuk melihat laporan atau report penggunaan selama kita menggunakan Vivoactive 3 ini bisa kita lihat di smartwatchnya langsung, atau untuk report detailnya bisa kita lihat di aplikasi pendampingnya yang bernama Garmin Connect yang bisa di download di App Store atau Play Store. Laporan yang dapat kita lihat salah satunya kita bisa tahu detak jantung kita berapa, kalori yang dibakar, sampai mengetahui level stress yang kita miliki.

Selain kita bisa melihat report lengkap di Garmin Connect, pada aplikasi ini juga kita bisa mengatur banyak fitur salah satunya mendownload watch face di Connect IQ store, menambah widget, mengatur pemberitahuan aplikasi dari hape yang masuk ke smartwatch, dan masih banyak lainnya.


Sebenarnya banyak banget fiturnya, apa lagi terkait olahraga ya, Vivoactive 3 ini juga mempunyai fitur Garmin Pay, jadi kita bisa  menyimpan data kartu kredit di smartwatch ini, jadi kalau mau bayar belanjaan tinggal ditempel jamnya ke alat pembayaran.. Tp sayangnya setahu saya fitur ini belum bisa digunakan di Indonesia. 

Vivoactive 3, fitur musik atau foto?   

Kalau ditanya soal fitur lainnya, misal terkait hiburan seperti musik, video atau foto Vivoactive 3 ini tidak mempunya fitur seperti itu. Berbeda dengan Gear S3 yang sudah saya gunakan terlebih dahulu. Tapi hal ini menurut saya pribadi terkait dari fokus Vivoactive 3 adalah smartwatch untuk orang yang hobi berolahraga.

Ketika kita hubungkan Vivoactive 3 dengan smartphone, smartwatch ini hanya bisa menampilkan pemberitahuan masuk dari smartphone, mulai dari email, WhatsApp, Twitter, Line, dan lainnya (bisa kita atur di aplikasi Garmin Connect). Selain itu, Vivoactive bisa menampikan jadwal dari kalendar dan bisa navigasi musik. Kita memutarkan lagu di smartphone dan melalui Vivoactive 3 ini kita bisa memindahkan laguatau stop lagunya. 

Baterai Vivoactive 3

Nah, bicaraa soal baterai ketika saya menggunakan Vivoactive 3 ini, baterainya bisa bertahan sampai 5-6 hari. Tapi, berbeda dengan kasusnya kalau kita sering menggunakan fitur GPS maka baterai akan cepat habis dan smartwatch bisa bertahan sekitar 3 hari.

Untuk waktu ngecasnya cukup cepat ya, sekitar 1 jam 15menit aja sudah 100%. Dipaket pembeliannya kita itdak akan mendapatkan adapternya, jadi hanya dikasih kabel cas nya yang aneh, jadi bentuknya bukan micro usb gitu, tapi seperti ini.


Lalu bagaimana dengan baterai smartphone apa cepat boros ketika terhubung ke Vivoactive 3 ini? Yang saya rasain sih biasa aja.. Saya menggunakan Zenfone 4 Selfie Pro, dan baterainya tidak boros walapun terhubung ke smartwatch ini. 

Kesimpulan Vivoactive 3 menurut riswanzone
 
Saya suka smartwatch ini karena keakuratan GPS-nya dan fitur olahraga dan kesehatan yang dimilikinya sangat lengkap. Selain itu saya juga suka beratnya yang ringan jadi nyaman ditangan dan tentunya full waterproff , bisa sampai kedalaman 40-50 meter di dalam air.

Dan yang saya kurang sukanya terkait harga yang buat saya pribadi cukup mahal, designya saya terlihat smartwatch murah, fitur Side-Swipe-nya kurang membantu juga, dan tidak ada penyimpanan untuk menyimpan musik jadi smartwacth ini hanya mempunyai fitur navigasi musik, kalau play musik di jamnya tidak bisa, dan dukungan aplikasi di Connect IQ Store-nya masih terbatas.

Video Smartwatch Garmin Vivoactive 3

 







Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Ampuh Menjaga Hubungan Asmara Kamu Menjadi Awet

Mempunyai hubungan asmara yang harmonis dan romantis, merupakan hal yang sangat di idam-idamkan oleh semua pasangan. Apabila hubungan asmara ini dapat terus berlangsung, maka hubungan kamu akan menjadi awet bahkan dapat sampai ke jenjang pernikahan. Pada kenyataannya, diluar sana  banyak sekali pasangan yang sulit menciptakan hubungan asmara mereka bertahan lama, bahkan ada yang sampai kandas ditengah jalan. Sayang bukan ketika hubungan asmara yang sudah kamu bina tetapi kandas di tengah jalan begitu saja? Berikut ini ada 8 cara ampuh menjaga hubungan asmara kamu dan pasanganmu menjadi awet dari om @riswanzone. Membangun rasa saling percaya Apabila kamu sulit untuk membangun rasa percaya kepada pasanganmu saat ini, mungkin karena pikiran kamu terlalu insecure, banyak dipenuhi pikiran-pikiran konyol. Atau mungkin kamu takut jika pasangan kamu akan memilih orang lain dibandingkan kamu. Maka dari itu, mulailah membangun rasa saling percaya agar hubungan menjadi awet. Tunjuk

Ini Ceritanya Bagaimana Cara Upload Foto Instagram Menggunakan PC/Laptop dengan Mudah

Halo semuanya, seperti biasa masih bareng saya @riswanzone. Sebelum bahas bagaimana cara upload foto ke instagram menggunakan PC/Laptop, mari bahas dulu kenapa tiba-tiba di blog ini saya mau nulis hal kayak gini. Biasanya kan nulis tips hubungan, jalan-jalan ga jelas, dan kategori lainnya (lihat aja deh jangan males baca) :D Jadi, suatu ketika saya betemu dengan teman yang lagi makan dan dia sambil bermain dengan smartphone kesayangannya yang sudah dia anggap seperti pembantunya sendiri. Membantu semua urusan komunikasi, urusan pamer, urusan kepoin orang, dan urusan dunia lain untuk hiburannya. Ketika saya tanya, Kok sering banget update status dan streaming video? Dengan sombong dia jawab, makanya pake operator warna biru yang ngasih kecepatan internet kenceng dan YouTube tanpa kuota. Singkat cerita,akhirnya saya memutuskan untuk makan dengan harapan dia yang bayarin tagihannya. Bro, gue makan dong tapi elu yang bayarin ya, begitu lah ketika saya merayu dia dengan teknik preman. Dan..

Review Bika Bogor Talubi, Oleh-oleh Khas Bogor yang Kekinian

Kalau mendengar kata “Bogor” apa yang kalian ingat? Hmmm.. pasti ingat tentang kota hujan. Setuju? Tapi kalau saya tanya soal kuliner di Bogor,atau oleh-oleh khas wisata Bogor apa hayo? Banyak yang menjawab “Taleus” atau Talas (survey yg saya dilakukan di sosmed :D). Terbukti, Bogor memang terkenal dengan dua hal itu, Hujan dan Talas. Eitts.. jangan salah loh, ngomogin soal oleh-oleh khas Bogor , beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk mencoba oleh-oleh No 1 di Bogor yaitu Bika Bogor Talubi . Ada 3 varian yang saya coba, Bika Bogor Cocopandan , Bika Bogor Mini , dan Bogor Banana . Sebenarnya pengen banget nyobain Banana Cheese Cake,heheh.. Mau tau kenikmatan rasa Bika Bogor Talubi ini? Lanjut baca ke bawah ya,hehe.. Oya, ini pertama kalinya loh saya mencoba Bika Bogor Talubi, hihihi... Asal mula Talubi Membahas asal mula Talubi bisa kita mulai dari kata “Talubi” tersebut, jujur saya baru tahu ternyata Talubi itu singkatan dari Talas dan Ubi, katro banget ya gue hehe.. men