Langsung ke konten utama

Review Bika Bogor Talubi, Oleh-oleh Khas Bogor yang Kekinian


Kalau mendengar kata “Bogor” apa yang kalian ingat? Hmmm.. pasti ingat tentang kota hujan. Setuju? Tapi kalau saya tanya soal kuliner di Bogor,atau oleh-oleh khas wisata Bogor apa hayo? Banyak yang menjawab “Taleus” atau Talas (survey yg saya dilakukan di sosmed :D). Terbukti, Bogor memang terkenal dengan dua hal itu, Hujan dan Talas.

Eitts.. jangan salah loh, ngomogin soal oleh-oleh khas Bogor, beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk mencoba oleh-oleh No 1 di Bogor yaitu Bika Bogor Talubi. Ada 3 varian yang saya coba, Bika Bogor Cocopandan, Bika Bogor Mini, dan Bogor Banana. Sebenarnya pengen banget nyobain Banana Cheese Cake,heheh.. Mau tau kenikmatan rasa Bika Bogor Talubi ini? Lanjut baca ke bawah ya,hehe.. Oya, ini pertama kalinya loh saya mencoba Bika Bogor Talubi, hihihi...

Asal mula Talubi


Membahas asal mula Talubi bisa kita mulai dari kata “Talubi” tersebut, jujur saya baru tahu ternyata Talubi itu singkatan dari Talas dan Ubi, katro banget ya gue hehe.. menurut informasi yang saya dapat dari Bika Bogor Talubi, pertama kali membuat Bika Bogor Talubi itu karena melihat hasil panen para petani Talas dan Ubi yang melimpah di kota Bogor. Dan mengapa diberikan nama Bika Bogor Talubi karena bahan utama yang digunakan adalah Talas dan Ubi.

Bika Bogor Talubi ini tuh berbeda dengan Bika pada umumnya loh, kalian mungkin sering mendengar Bika Ambon dari Medan. Nah, Bika Ambon itu pada umumnya terbuat dari daun jeruk, serbuk kunyit, serei, dan biasanya full tepung. Sedangkan Bika Bogor Talubi hadir dengan ciri khas berbeda karena tidak menggunakan bahan tersebut, ya bahan utamanya adalah Talas dan Ubi. Sehingga Bika Bogor Talubi mempunyai tekstur yang lembut dan tidak membuat enek walapun kamu makan dalam jumlah yang banyak. Karena Bika Bogor Talubi ini tidak menggunakan bahan pengawet, jadi hanya bisa bertahan 4 hari dari masa produksi.

[Unboxing] Kemasan yang menarik Bika Bogor Talubi


Kali ini saya mencoba 3 varian Bika Bogor Talubi, yaitu Bika Bogor Cocopandan, Bika Bogor Mini, dan Bogor Banana. Pertama kali melihat kemasan oleh-oleh khas Bogor ini langsung menarik perhatian saya, kenapa? Ya karena di box atau kemasan Bika Bogor Cocopandan ada informasi mengenai apa itu daun Pandan dan khasiatnya.

[caption id="attachment_948" align="aligncenter" width="448"]oleh-oleh khas Bogor Kemasan Bika Bogor Cocopandan[/caption]

[caption id="attachment_947" align="aligncenter" width="448"]oleh-oleh khas Bogor Informasi mengenai daun Pandan[/caption]

Dikemasan Bika Bogor Mini ada informasi mengenai sejarah Bogor, dan yang saya dapat ini sejarah mengenai Tugu Kujang, ikon Bogor. Sedangkan dikemasan Bogor Banana saya tidak melihat informasi mengenai sejarah seperti kemasan 2 varian lainnya.

[caption id="attachment_951" align="aligncenter" width="448"]oleh-oleh Khas Bogor Kemasan Bika Bogor Mini[/caption]

[caption id="attachment_950" align="aligncenter" width="448"]Oleh-oleh khas Bogor Informasi sejarah di Bogor[/caption]

Rasa dan tekstur Bika Bogor Talubi


Bika pertama yang saya coba adalah Bika Bogor Cocopandan. Aroma wangi pandan ketika saya membuka kotak kemasannya langsung tercium langsung kehidung mancung saya ini,hehehe...

Gigitan pertama untuk Bika Bogor Pandan ini benar-benar terasa enak dengan tekstur lembut dan padat. Berbeda dengan bika Ambon yang saya tahu teksturnya itu kurang padat. Rasa Cocopandan ini beneran deh nyenengin banget aromanya, dicoba ya biar nggak penasaran haha..

[caption id="attachment_954" align="aligncenter" width="640"]oleh-oleh khas Bogor Tekstur Bika Bogor Cocopandan[/caption]

Lanjut icip-icip ke varian selanjutnya yaitu Bika Bogor Mini. Untuk teksturnya jelas Bika Bogor Mini juga sangat lembut, bedanya Bika Bogor Mini adalah ukurannya yang kecil dan dalam satu kotak berisi 10 Bika Mini dengan 3 rasa, Cocopandan, Ubi Madu, dan rasa Nangka. Karena sudah mencoba rasa Cocopandan, jadi saya langsung mencoba Bika Bogor Mini rasa Ubi Madu. Dari aroma dan soal rasa, jujur saya kurang merasakan khas Ubi Madu dari Bika-nya, mungkin karena rasanya kalah dengan rasa Cocopandan.

Lanjut, saya langsung coba Bika Bogor Mini yang rasanya Nangka. Sebelum mencobanya, aroma Nangka dari Bika Bogor ini begitu terasa, kecium banget dah. Lanjut saya gigit,rasa Nangkanya kerasa banget dan pas, ueeenaaaaak banget dah sumpah. Walaupun saya kurang suka dengan Nangka, tapi Bika Bogor Mini rasa Nangka ini rasanya enak banget, punya tekstur lembut dan padat. Mantap :)

[caption id="attachment_955" align="aligncenter" width="640"]oleh-oleh khas Bogor Tekstur Bika Bogor Mini rasa Nangka[/caption]

Selanjutnya saya mencoba Bika hasil dari inovasi terbaru dari Talubi, yaitu Bogor Banana yang merupakan bika dengan bentuk pisang dan terbuat dari pisang asli dengan topping keju dan coklat diatasnya. Inovasi ini belum ada dimanapun juga, hanya ada di Bika Bogor Talubi, Kota Bogor.

[caption id="attachment_959" align="aligncenter" width="640"]oleh-oleh khas Bogor Kemasan Bogor Banana[/caption]

Perpaduan Bika rasa pisang dan topping keju serta coklat membuat rasa Bogor Banana ini enak banget. Tekstur bika dengan bentuk pisang ini cukup lembut ketika digigit. Aroma pisang terasa dan rasa manis begitu pas.

[caption id="attachment_956" align="aligncenter" width="640"]oleh-oleh khas Bogor Tekstur Bogor Banana[/caption]

Rasa yang PALING SAYA SUKA


Untuk rasa yang saya suka, jelas Bika Bogor rasa Nangka. Sudah cobain rasa Nangka, rasa yang lain terlupakan..tsaaaah..:)

Pengen lihat ekspresi dan kesan pertama saya ketika mencoba Bika Bogor Talubi ini? Silahkan tonton video di bawah ya..

Komentar

  1. aku sudha pernah nyobain dan enaaak

    BalasHapus
  2. Saya gak terlalu suka bika ambon. Tapi penasaran kalau bahannya dari Talas dan Ubi om..

    BalasHapus
  3. berapa ni harganya ka? belinya dimana?

    BalasHapus
  4. Baru lihat fotonya sudah ngiler saya. Semoga bisa mencicipinya suatu hari nanti. Eh, tekstur kuenya mirip bika Ambon, ya?

    BalasHapus
  5. Talubi, perpaduan talas dan ubi, sama-sama enak sih rasanya. Kontur dalam kuenya mirip bolu sarang semut dan bika. Perpaduan yang cantik. Sebagai pencinta makanan, segera meluncur ini.

    BalasHapus
  6. wah jd banyak pilihan ya, ada bika ambon, ada lagi bika bogor

    BalasHapus
  7. Asli ngiler lihat semuanya…
    Tapi… Bogor Banana, juara, kayaknya :).
    Luar biasa menggoda.

    BalasHapus
  8. Saya sudah coba nih, rasanya lembut fresh spt baru keluar dari oven dan bisa tahan sampai 1 minggu.

    BalasHapus
  9. Cobain rasa yg mana mbak?

    BalasHapus
  10. Ayo om langsung ke bogor cobain hehehe tar kita temu kangen

    BalasHapus
  11. Di pajajaran ada yud tokonya gede keliatan hehhe

    BalasHapus
  12. Kalau menurut aku bika ambon itu agak jarang2 gtu teksturnya.. Kalau ini padet gtu.. Liat video yg aku buat deh hehehe

    BalasHapus
  13. Wah bener2 pecinta makanan nih hehehe.. Ayoo meluncur..

    BalasHapus
  14. Iy dong.. Bogor kan keren hahaha

    BalasHapus
  15. Hahahha bisa aja mas

    BalasHapus
  16. Aku tetep bika talubi rasa nangka hahahaha

    BalasHapus
  17. Sukanya rasa yg mana mbak?

    BalasHapus
  18. Saya taunya Tales Bogor, tyt ada bika Bogor juga kereen

    BalasHapus
  19. Aku hari ini ke Bogor. Semangat 45 mencari store Bika Talubi tp apa daya gak ktemu dan malah nyasar. Hiks. Pdhal penasaran bgt sama yg model pisang itu.

    BalasHapus
  20. Hehhe emang tales terkenal hehehe

    BalasHapus
  21. Kok bisa nyasar? Hehehe.. Emang dimana? Harusnya storenya mudah dicari hehee

    BalasHapus
  22. Uenakkk... Oleh-oleh terbaru khas Bogor ya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Ampuh Menjaga Hubungan Asmara Kamu Menjadi Awet

Mempunyai hubungan asmara yang harmonis dan romantis, merupakan hal yang sangat di idam-idamkan oleh semua pasangan. Apabila hubungan asmara ini dapat terus berlangsung, maka hubungan kamu akan menjadi awet bahkan dapat sampai ke jenjang pernikahan. Pada kenyataannya, diluar sana  banyak sekali pasangan yang sulit menciptakan hubungan asmara mereka bertahan lama, bahkan ada yang sampai kandas ditengah jalan. Sayang bukan ketika hubungan asmara yang sudah kamu bina tetapi kandas di tengah jalan begitu saja? Berikut ini ada 8 cara ampuh menjaga hubungan asmara kamu dan pasanganmu menjadi awet dari om @riswanzone. Membangun rasa saling percaya Apabila kamu sulit untuk membangun rasa percaya kepada pasanganmu saat ini, mungkin karena pikiran kamu terlalu insecure, banyak dipenuhi pikiran-pikiran konyol. Atau mungkin kamu takut jika pasangan kamu akan memilih orang lain dibandingkan kamu. Maka dari itu, mulailah membangun rasa saling percaya agar hubungan menjadi awet. Tunjuk

Ini Ceritanya Bagaimana Cara Upload Foto Instagram Menggunakan PC/Laptop dengan Mudah

Halo semuanya, seperti biasa masih bareng saya @riswanzone. Sebelum bahas bagaimana cara upload foto ke instagram menggunakan PC/Laptop, mari bahas dulu kenapa tiba-tiba di blog ini saya mau nulis hal kayak gini. Biasanya kan nulis tips hubungan, jalan-jalan ga jelas, dan kategori lainnya (lihat aja deh jangan males baca) :D Jadi, suatu ketika saya betemu dengan teman yang lagi makan dan dia sambil bermain dengan smartphone kesayangannya yang sudah dia anggap seperti pembantunya sendiri. Membantu semua urusan komunikasi, urusan pamer, urusan kepoin orang, dan urusan dunia lain untuk hiburannya. Ketika saya tanya, Kok sering banget update status dan streaming video? Dengan sombong dia jawab, makanya pake operator warna biru yang ngasih kecepatan internet kenceng dan YouTube tanpa kuota. Singkat cerita,akhirnya saya memutuskan untuk makan dengan harapan dia yang bayarin tagihannya. Bro, gue makan dong tapi elu yang bayarin ya, begitu lah ketika saya merayu dia dengan teknik preman. Dan..

Berendam Air Panas di Lembah Alam Tirta Bogor

Hai semuanya, welcome to my zone hehe Okeh jadi ceritanya hari ini, Sabtu 5 Oktober 2019 saya bersama istri tercinta (Rima) dan anak saya yang bernama Mikay, bakal jalan-jalan, yaaaa family time gitu lah ya. Niatnya begitu, tapi ternyata adiknya istri saya, namanya Rafi minta anter ke pemandian air panas, karena dia sedang sakit, alergi kulit gitu lah, jadi seluruh badannya gatel. Selama gatel kerjaan dia itu ya cuma "nge-gitar" hahaha alias garuk-garuk kulit hahaha Padahal nggak tau bener nggak juga sih gatel-gatel bisa sembuh kalau ke pemandian air panas..hmmm.. Singkat cerita, akhirnya saya bersama istri, Mikay, Rafi, Rizky, dan Sifa berangkat ke tempat pemandian air panas Lembah Alam Tirta yang berada di kawasan sentul, atau lebih tepatnya daerah Karang Tengah. Walaupun sebenarnya rencana awal kami berangkat ke pemandian air panas di Pelabuhan Ratu atau yang di Parung. Selain karena Lembah Alam Tirta ini masih kawasan Bogor, kami juga kenal dengan pemilik d