Langsung ke konten utama

Berkarya Dengan Alat Seadanya

Hai, kali ini gue bakal cerita gimana keselnya gue, cape nya gue, dan bla bla bla yang gue alami. Tapi, bersyukur gue selalu ada hikmah dari semua yang gue anggap itu menyusahkan.

Semua berawal dari praktek komputer, prakter di sekolah cuma bikin email. Ke warnet pun jarang banget (karena katro). Tapi SMA kelas 3 ada kemajuan, praktek komputernya pake CorelDraw bikin logo. Waktu itu gue bikin logo J-Rocks (band favorite waktu itu). Singkat cerita gue dapet komputer bekas, pentium 3 dengan hardisk 8GB (kalau ga salah). Dan itu komputer MATI.

Dengan kesabaran dan sok jago, dioprek-oprek akhirnya bisa nyala dan selalu gue pake buat puter musik di Winamp. Lambat laut kreativitas mulai muncul, ingin ini dan itu. Tapi dengan alat yang seperti itu bisa apa? sementara mimpi pengen bisa rekaman lagu dikomputer itu ? . Pengen upgrade ja ga punya duit, sedih. Tapi bersyukur lah masih bisa play video dan musik. Sabar aja dan akhirnya masuk kuliah.

Kuliah pun gue tetep ga punya senjata, sementara masuk jurusan IT (hits banget waktu itu). Dan kabar buruknya itu si komputer pentium 3 udah tewas dan nggak bisa bernafas lagi. Akhirnya nyari cara biar bisa belajar komputer gimanapun caranya. Eng ing eng, apply lah gue jadi asisten lab (aslab) dan akhirnya diterima. Yeah, seneng banget waktu itu (walapun ga di gaji), soalnya bisa tiap hari bertemu kekasih (komputer).

Mumpung punya akses lebih di lab, akhirnya nginep lah tiap hari dan ngerjain semua yang gue pengen. Belajar bahasa pemrograman, Oracle, Nuendo (antusias SMA), dan masih banyak lainnya. Sampai waktu itu gue udah mulai paham komputer dan teknologi lainnya ga kayak dulu. Ngerti lah sikit sikit.

Nasib jadi aslab ga bertahan lama (pemikiran waktu itu). Akhirnya gue mesti nyari cara biar bisa beli laptop agar gue bisa lebih berekspresi. Kemudian gue mengajukan beasiswa, dan akhirnya dapet untuk beberapa semester. Waktu itu orang tua cuma mampu bayarin semesteran dan belum bisa beliin laptop, dan akhirnya gue pake beasiswa untuk bayar semesteran, duit orang tua untuk bayar semesteran gue beliin ke laptop :D. Jadi intinya orang tua ga tau gue dapet beasiswa :D. Aga ga enak hati sih, tapi sekarang udah jujur kok ?

Sekarang gue udah ada laptop, dan tau hasilnya apa? sepertinya produktivitas gue malah berkurang nggak kayak dulu gue belum punya laptop. Dulu yang tiap hari belajar dengan komputer, sekarang giliran punya malah kayak di anggurin. Ternyata ada juga sifat seperti ini.
dikasih fasilitas, tapi malah ga berkarya

Hikmah yang gue rasain ya baru terasa sekarang. Dan sekarang waktu mempertemukan gue ke posisi seperti dulu. Gue masih pake laptop gue dulu sampe sekarang. Sementara sekarang aplikasi udah pada gede-gede dan berat-berat. Ini umur laptop sekitar 6 tahun. Coba bayangkan :D. Kalau mainnya sama Notepad++  doang mungkin masih ok, tapi sekarang pengennya gue bertambah jadi editing video (pake Adobe Premiere). Alhasil buat ngeditnya aja patah-patah, rendernya aja nunggu sambil ngopi+mandi+boker (belum kelar juga). Tapi mengingat yang sudah-sudah, gue sabar aja dan sekarang mungkin masih waktunya berkarya dengan alat seadanya ?

Sambil nyicil nabung buat beli laptop baru, semoga tetap konsisten semangat dalam membuat karya apapun itu, entah itu website, design, video (tonton channel Youtube gue yak), musik, dan lainnya. Doain juga kalau udah kebeli laptop baru biar istiqomah terus #eeeaaaaa

*artikel ini pertama kali di publish di situs dailyris.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Ampuh Menjaga Hubungan Asmara Kamu Menjadi Awet

Mempunyai hubungan asmara yang harmonis dan romantis, merupakan hal yang sangat di idam-idamkan oleh semua pasangan. Apabila hubungan asmara ini dapat terus berlangsung, maka hubungan kamu akan menjadi awet bahkan dapat sampai ke jenjang pernikahan. Pada kenyataannya, diluar sana  banyak sekali pasangan yang sulit menciptakan hubungan asmara mereka bertahan lama, bahkan ada yang sampai kandas ditengah jalan. Sayang bukan ketika hubungan asmara yang sudah kamu bina tetapi kandas di tengah jalan begitu saja? Berikut ini ada 8 cara ampuh menjaga hubungan asmara kamu dan pasanganmu menjadi awet dari om @riswanzone. Membangun rasa saling percaya Apabila kamu sulit untuk membangun rasa percaya kepada pasanganmu saat ini, mungkin karena pikiran kamu terlalu insecure, banyak dipenuhi pikiran-pikiran konyol. Atau mungkin kamu takut jika pasangan kamu akan memilih orang lain dibandingkan kamu. Maka dari itu, mulailah membangun rasa saling percaya agar hubungan menjadi awet. Tunjuk

Ini Ceritanya Bagaimana Cara Upload Foto Instagram Menggunakan PC/Laptop dengan Mudah

Halo semuanya, seperti biasa masih bareng saya @riswanzone. Sebelum bahas bagaimana cara upload foto ke instagram menggunakan PC/Laptop, mari bahas dulu kenapa tiba-tiba di blog ini saya mau nulis hal kayak gini. Biasanya kan nulis tips hubungan, jalan-jalan ga jelas, dan kategori lainnya (lihat aja deh jangan males baca) :D Jadi, suatu ketika saya betemu dengan teman yang lagi makan dan dia sambil bermain dengan smartphone kesayangannya yang sudah dia anggap seperti pembantunya sendiri. Membantu semua urusan komunikasi, urusan pamer, urusan kepoin orang, dan urusan dunia lain untuk hiburannya. Ketika saya tanya, Kok sering banget update status dan streaming video? Dengan sombong dia jawab, makanya pake operator warna biru yang ngasih kecepatan internet kenceng dan YouTube tanpa kuota. Singkat cerita,akhirnya saya memutuskan untuk makan dengan harapan dia yang bayarin tagihannya. Bro, gue makan dong tapi elu yang bayarin ya, begitu lah ketika saya merayu dia dengan teknik preman. Dan..

Review Bika Bogor Talubi, Oleh-oleh Khas Bogor yang Kekinian

Kalau mendengar kata “Bogor” apa yang kalian ingat? Hmmm.. pasti ingat tentang kota hujan. Setuju? Tapi kalau saya tanya soal kuliner di Bogor,atau oleh-oleh khas wisata Bogor apa hayo? Banyak yang menjawab “Taleus” atau Talas (survey yg saya dilakukan di sosmed :D). Terbukti, Bogor memang terkenal dengan dua hal itu, Hujan dan Talas. Eitts.. jangan salah loh, ngomogin soal oleh-oleh khas Bogor , beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk mencoba oleh-oleh No 1 di Bogor yaitu Bika Bogor Talubi . Ada 3 varian yang saya coba, Bika Bogor Cocopandan , Bika Bogor Mini , dan Bogor Banana . Sebenarnya pengen banget nyobain Banana Cheese Cake,heheh.. Mau tau kenikmatan rasa Bika Bogor Talubi ini? Lanjut baca ke bawah ya,hehe.. Oya, ini pertama kalinya loh saya mencoba Bika Bogor Talubi, hihihi... Asal mula Talubi Membahas asal mula Talubi bisa kita mulai dari kata “Talubi” tersebut, jujur saya baru tahu ternyata Talubi itu singkatan dari Talas dan Ubi, katro banget ya gue hehe.. men