Langsung ke konten utama

Sci - Fi Hardware Hackathon - Data For Life 2016 Menantang 375 Inovator Indonesia untuk Ciptakan Teknologi Canggih Terinspirasi Fiksi Ilmiah

JAKARTA, 28 Agustus 2016 – Sebagai bagian dari acara Data For Life 2016 yang diselenggarakan oleh Mediatrac pada tanggal 27 hingga 31 Agustus 2016, Data For Life Sci-Fi Hackathon 2016 hari ini mengumumkan pemenang dari total 375 peserta yang tergabung setelah melalui proses penyaringan awal dari total 580 pendaftar. Kompetisi inovasi perangkat keras (hardware) kedua di Indonesia yang mengambil tema: Make your own science fiction ini merupakan kolaborasi antara Mediatrac dengan Makedonia dan Data Science Indonesia. Data For Life Sci-Fi Hackathon 2016 telah berlangsung 24 jam dari tanggal 27 Agustus 2016 di Gedung SMESCO UKM, Jalan Gatot Subroto No. 5, Pancoran, Jakarta.

Hampir semua inovasi teknologi yang kita temukan hari ini terinspirasi dari cerita fiksi ilmiah yang kita baca atau tonton, dan kedepannya fiksi ilmiah akan terus mempengaruhi para inovator dalam menciptakan teknologi baru. Tema yang sangat memicu kreativitas dan imajinasi para pembuat karya ini diharapkan dapat mendorong individu dan komunitas yang selalu mengikuti perkembangan teknologi dan ingin mewujudkan imajinasinya menjadi sebuah perangkat keras (hardware) teknologi canggih bertemakan fiksi ilmiah.

Penjurian dilakukan dengan melihat karya dari setiap aspek dan kategori yaitu konsep, teknologi dan kecerdasan buatan, serta interaksinya dengan pengguna. Hadiah uang tunai dengan total nilai 62 juta rupiah akan diberikan kepada pemenang utama dan pemenang dari tiap kategori. Juri yang berpartisipasi merupakan nama-nama yang telah lama berperan penting dalam dunia teknologi dan inovasi di Indonesia maupun global seperti Anthony Vipin Das (LV Prasad Eye Institute), Andri Yadi (Dycode), dan Ariavita Purnamasari (General Electrics Indonesia).

Data for Life Sci-Fi Hackathon 2016 juga diselingi dengan pembicaraan seputar fiksi ilmiah dalam panel-panel Sci-Fi Talks. Sci-Fi Talks yang terbuka untuk umum dihadiri banyak penonton yang antusias untuk berdiskusi mengenai berbagai aspek dari fiksi ilmiah yaitu pendidikan, desain, teknologi dan gaya hidup.

Penggunaan dan keterhubungan data, sebagai poin penting dari kompetisi ini secara spesifik maupun secara keseluruhan rangkaian acara Data for Life 2016, berbicara tentang bagaimana memanfaatkan teknologi untuk menangkap cerita tentang manusia dan dunia di sekitar yang kemudian akan membantu kita untuk lebih memahami keadaan dalam mengambil keputusan. “Hardware Hackathon terbesar di Indonesia ini kami adakan untuk mengajak para inovator Indonesia mendobrak batas imajinasi, sehingga dapat menciptakan sesuatu yang bukan hanya mencari solusi masalah yang kita hadapi hari ini, namun mengantisipasi masa depan untuk Indonesia maupun dunia” ujar Regi Wahyu, CEO Mediatrac, pada pembukaan Data for Life Sci-Fi Hackathon 2016.

Tentang Data for Life 2016

Pada tahun 2015, Mediatrac selaku perusahaan teknologi Big Data Analytics terdepan di Indonesia telah menggelar konferensi Big Data berskala internasional pertama di Indonesia, Big Data Week Indonesia 2015, sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai teknologi Big Data.

Tahun 2016, upaya ini kembali dilanjutkan oleh Mediatrac dengan menghadirkan Data For Life 2016, yang terdiri dari Data for Life Conference, Sci-Fi Hardware Hackathon, Student Session, SETI Symposium, Technology & Business Workshop,dan Tech-Art Exhibition. Program yang beragam ini dirancang untuk dapat mengungkap berbagai sisi dari potensi Big Data kepada target khalayak yang juga beragam.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan mengunjungi website kami di www.dataforlife.co.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Ampuh Menjaga Hubungan Asmara Kamu Menjadi Awet

Mempunyai hubungan asmara yang harmonis dan romantis, merupakan hal yang sangat di idam-idamkan oleh semua pasangan. Apabila hubungan asmara ini dapat terus berlangsung, maka hubungan kamu akan menjadi awet bahkan dapat sampai ke jenjang pernikahan. Pada kenyataannya, diluar sana  banyak sekali pasangan yang sulit menciptakan hubungan asmara mereka bertahan lama, bahkan ada yang sampai kandas ditengah jalan. Sayang bukan ketika hubungan asmara yang sudah kamu bina tetapi kandas di tengah jalan begitu saja? Berikut ini ada 8 cara ampuh menjaga hubungan asmara kamu dan pasanganmu menjadi awet dari om @riswanzone. Membangun rasa saling percaya Apabila kamu sulit untuk membangun rasa percaya kepada pasanganmu saat ini, mungkin karena pikiran kamu terlalu insecure, banyak dipenuhi pikiran-pikiran konyol. Atau mungkin kamu takut jika pasangan kamu akan memilih orang lain dibandingkan kamu. Maka dari itu, mulailah membangun rasa saling percaya agar hubungan menjadi awet. Tunjuk

Ini Ceritanya Bagaimana Cara Upload Foto Instagram Menggunakan PC/Laptop dengan Mudah

Halo semuanya, seperti biasa masih bareng saya @riswanzone. Sebelum bahas bagaimana cara upload foto ke instagram menggunakan PC/Laptop, mari bahas dulu kenapa tiba-tiba di blog ini saya mau nulis hal kayak gini. Biasanya kan nulis tips hubungan, jalan-jalan ga jelas, dan kategori lainnya (lihat aja deh jangan males baca) :D Jadi, suatu ketika saya betemu dengan teman yang lagi makan dan dia sambil bermain dengan smartphone kesayangannya yang sudah dia anggap seperti pembantunya sendiri. Membantu semua urusan komunikasi, urusan pamer, urusan kepoin orang, dan urusan dunia lain untuk hiburannya. Ketika saya tanya, Kok sering banget update status dan streaming video? Dengan sombong dia jawab, makanya pake operator warna biru yang ngasih kecepatan internet kenceng dan YouTube tanpa kuota. Singkat cerita,akhirnya saya memutuskan untuk makan dengan harapan dia yang bayarin tagihannya. Bro, gue makan dong tapi elu yang bayarin ya, begitu lah ketika saya merayu dia dengan teknik preman. Dan..

Review Bika Bogor Talubi, Oleh-oleh Khas Bogor yang Kekinian

Kalau mendengar kata “Bogor” apa yang kalian ingat? Hmmm.. pasti ingat tentang kota hujan. Setuju? Tapi kalau saya tanya soal kuliner di Bogor,atau oleh-oleh khas wisata Bogor apa hayo? Banyak yang menjawab “Taleus” atau Talas (survey yg saya dilakukan di sosmed :D). Terbukti, Bogor memang terkenal dengan dua hal itu, Hujan dan Talas. Eitts.. jangan salah loh, ngomogin soal oleh-oleh khas Bogor , beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk mencoba oleh-oleh No 1 di Bogor yaitu Bika Bogor Talubi . Ada 3 varian yang saya coba, Bika Bogor Cocopandan , Bika Bogor Mini , dan Bogor Banana . Sebenarnya pengen banget nyobain Banana Cheese Cake,heheh.. Mau tau kenikmatan rasa Bika Bogor Talubi ini? Lanjut baca ke bawah ya,hehe.. Oya, ini pertama kalinya loh saya mencoba Bika Bogor Talubi, hihihi... Asal mula Talubi Membahas asal mula Talubi bisa kita mulai dari kata “Talubi” tersebut, jujur saya baru tahu ternyata Talubi itu singkatan dari Talas dan Ubi, katro banget ya gue hehe.. men